Pengikut

8 Oktober 2015

peraturan permainan bola kasti

Assalamu’alaikum Wr, Wb.

Di sini saya menyampaikan panduan Gambar Lapangan beserta keterangn Aturan, dan Cara menpatkan nilai permaianan bola kasti  dalam Perlombaan olahraga antar remaja masjid melaui selembar kertas ini.

·         Gambar lapangan beserta keterangan  sebagai berikut :

A

E

F

G
B

C
D

Keterangan : A = Tempat penjaga belakang
B = Ruang pemukul
C = Ruang pelambung
D = Ruang tunggu pemain
E = Tempat hinggap tiang atau cindong ( I )
F =  Tempat hinggap tiang atau cindong ( II )
G = Tempat hinggap tiang atau cindong ( III )

·         Aturan bola kasti sebagai berikut :
a.       Apabila bola melewati garis pembatas lapangan permainan di lanjutkan tetapi nilai 0 ( tidak ada ).
b.      Apabila alat pemukul keluar garis, maka regu pemukul di nyatkan gagal dan regu penjaga langsung menggantikan posisi regu pemukul tersebut.
c.       Di beri kesempatan 3 kali memukul satu orang yang tersisa di ruang pemukul, apabila teman – teman semua berada di ruang pemberhentian tiang atau cindong I, II, dan III.
d.      Di perbolehkan maju dua langkah bagi penjaga untuk melempar badan regu pemukul
Saat  berlari menuju ke pemberhentian tiang atau cindong.
e.       Apabila ruang pemukul kosong maka regu penjaga harus melempar bola  ke  ruang pemukul tersebut , maka regu penjaga menggantikan posisi pemukul bola dan sebaliknya.
f.       penjaga di perboleh kan melempar  seluruh bagian tubuh hingga kepala, apabila bola tersebut mengenai regu pemukul  di nyatakan kena dan berlari ke ruang pemukul, tiang atau cindong

·         Cara mendapatkan nilai sebagai berikut :
a.       Pemain berhasil memukul bola, ke mudian lari ke pemberhentian tiang atau cindong  I, II, III dan ruang bebas secara bertahap, mendapat nilai 1
b.      Pemain berhasil berlari melewati tiang atau cindong pemberhentian dan kembali ke ruang bebas atas pukulan sendiri mendapatkan nilai 2.
c.       Regu penjaga berhasil menangkap langsung bola lambung yang di pukul oleh regu pemukul , maka mendapatkan nilai 1.
d.      Regu yang mendapatkan nilai paling banyak di nyatakan pemenang.

Demikianlah panduan aturan dan cara mendapatkan nila permainan bola kasti yang telah di sampaikan di atas saya mengucapkan trima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar